Outbond Perum Pegadaian Kanwilut Jakarta

Kantor Wilayah Utama Perum Pegadaian Jakarta pada tanggal 19-20 April 2008 mengadakan outbond di Kaki Langit Camp, Citarik, Sukabumi dengan bekerjasama dengan pihak Selaras Outbond sebagai penyelenggara. Peserta sejumlah 100 orang terdiri dari para Manajer Cabang se-Kanwilut Jakarta dan para pejabat Kanwilut Jakarta. Namun outbond ini tidak diikuti oleh Mancab kelas I karena pada hari bersamaan sedang mengikuti pelatihan ESQ 165 di JCC (Jakarta Convention Centre). Tema outbond kali ini adalah “Teamwork dan Togetherness”

Kegiatan dimulai pada hari sabtu tanggal 19 April 2008 selepas sholat Isak dengan acara pembukaan oleh Bapak Nafwardi (Pemimpin Wilayah Utama Perum Pegadaian Kanwilut Jakarta) dilanjutkan malam keakraban dan kebersamaan (makan malam, perkenalan, organ tunggal, sedikit games yang lucu-lucu, jagung rebus, BBQ (Berbeqeeu / kambing guling) acara malam keakraban sampai dengan jam 23.30 wib

Pagi hari kegiatan dimulai jam 06.00 wib dengan olahraga pemanasan, jam 07 sarapan s.d. jam 08.00 dan dimulailah kegiatan games.
Games dalam outbond kali ini yaitu Snack Game (membuat kelompok untuk menentukan kelompok yang akan main games dulu atau kelompok yang akan rafting/arum jeram) pembuatan kelompok dengan cara kelompok masuk dalam lingkaran tali yang telah tersedia, dikiranya merupakan satu kelompok ee ternyata bukan, dalam lingkaran tali tadi peserta kemudian mencari kertas warna-warni yang ada namanya yang telah disebar penyelenggara diberbagai tempat dan tidak boleh keluar dari tali sehingga terjadi tarik menarik/senggolan antar kelompok bahkan terjatuh, yach ribet tapi seru. Setelah menjadi kelompok sesuai dengan warna kertas kemudian tiap kelompok harus membuat lagu kelompok dan yel yel). Yang unik dalam membuat lagu dan yel yel adalah kelompok yang lagu dan yel-nya bagus tetap saja dinilai oleh kelompok lainnya tetap jeles alias jempol kebawah (wuuuuuu….) sehingga fasilitator dari selaras outbondpun sampai mengatakan luar biadab…!! (sudah bagus dibilang jelak…. Benar-benar luar biadab…!!)

Dragon ball (memasukkan bola pingpong sebanyak 6 buah dari jarak berjarak 25M dari start dalam ember dengan tiap-tiap peserta membawa pipa 1 inchi yang telah dibelah sebagai jalur dan bola tidak boleh jatuh karena jika jatuh harus diulang dari awal). Untuk dapat sampai ke finish diperlukan teknik agar pipanya klop/tidak salah pasang, kerjasama, kesabaran dan ketenangan… yachh berhasil juga meskipun bola sering jatuh.
Have U Ever (untuk menguji konsentrasi) dengan gerakan dan lagu tertentu dengan berbagai level yang pada intinya untuk menguji konsentrasi, jika tidak konsentrasi maka gerakan dan lagunya akan salah sehingga membuat ketawa peserta yang lain.

Clip & Clep adalah berebut tempat (titik tertentu kalo meninggalkan titik tidak boleh kembali ketitik yang sama) secara melingkar ditengah terdapat titik sebagai mak comblang yang dapat bertanya dengan sembarang pertanyaan misalnya ‘siapa yang pernah naik mobil? (karena semua pernah naik mobil maka semua ke tengah, dalam hitungan ketiga oleh fasilitator harus kembali namun tidak ditempat yang tadi. Yang tidak dapat tempat ke tengah jadi mak comblang bertanya dst… dst.. (ya stres juga kalo jadi mak combalng terus)

Pada intinya games tadi bertujuan menghilangkan personal block diantara peserta, menumbuhkan in group feeling dan suasana kekeluargaan yang harmonis.

Sedangkan tantangannya adalah Flaying Fox atau meluncur dari ketinggian (dibawa tempat meluncur adalah sungai) dan yang paling mengasyikkan adalah Rafting atau arum jeram adapun tujuan dari tantangan flying fox dan rafting adalah
 Meningkatkan kepercayaan pada diri sendiri dan antar rekan kerja
 Mampu me ”manage fear” utk keberhasilan bersama
 Membangun semangat kebersamaan dan kompetisi yang sportif
 Membangun rasa percaya diri dan semangat penatang menyerah

Yang menjadikan khas di tempat outbond kali ini adalah rafting (arum jeram) karena rafting jarang ditemukan di tempat yang lain. Rafting terdiri dari short trip (jarak yang pendek 4 km), midle trip(7-8 Km) dan long trip (11 km). karena banyaknya peserta maka jalur rafting dipilih short trip (hanya 4 km). Perlengkapan untuk rafting adalah pelampung, dayung, helm dan perahu karet (dengan kualitas baik) dengan dipandu oleh pemandu yang profesional. Sayangnya dalam rafting peserta tidak diperkenankan membawa kamera (dikawatirkan terkena air atau perahu terbaik… ilang dach.. ) jadi disini tidak ditampilkan foto saat ber-arum jeram.. mohon maaf ya..! usai rafting saya menyebut teman-teman dengan rafter (orang yang hobi arum jeram =rafter)

Kegiatan outbond selesai pada minggu 20 April 2008 pukul 14.00 wib. setelah makan siang dan menikmati kelapa muda, acara ditutup oleh Pak Nafwardi dan peserta pulang ke tempat masing-masing. lihat ya... cukilan fotonya..





1 komentar:

  1. Terima kasih kang infoya
    nambah koleksi info outbond games

    BalasHapus