Mengembalikan Pinjaman


Kisah ini diriwayatkan dalam al-muwatha karya Imam Malik. Suatu ketika, istri Qasim bin Muhammad meninggal dunia. Datanglah Muhammad al Quradzi untuk bertakziyah, lalu menurunkan kisah pada sahabatnya yang tengah berduka itu.
Syahdan, di kalangan Bani Israil terdapat seorang laki-laki alim dan tekun beribadah. Ia punya istri dan ia sangat terpesona dengannya. Suatu saat, istrinya meninggal dunia. Orang itupun sangat terpukul, Ia menyendiri dalam kamar dan tidak ada satupun yang boleh menemuinya.

Seorang wanita dari Bani Israil yang mendengar itu berniat mendatanginya. “Aku ingin berkonsultasi dan aku tidak puas kalau tidak berdialog langsung,” ujar wanita itu. Orang-orang pun pergi ke rumah orang alim itu tadi.
Setelah diijinkan masuk oleh orang alim itu, wanita tadi berkata, “Aku ingin berkonsultasi”.

“Masalah apa?”
“Aku meminjam sebuah perhiasan kepada seseorang, kemudian aku mengenakannya dalam jangka waktu lama. Tiba-tiba orang itu mengutus seseorang untuk meminta kembali perhiasannya.

“Apakah aku harus mengembalikannya?”
“Ya, tentu”.
“Engkau tetap harus mengembalikannya kepada pemiliknya”.

Akhirnya wanita itu tadi berkata kepada sang alim, “Semoga Allah merahmatimu”.

Engkau bersedih dengan apa yang dipinjamkan Allah lalu diambil-Nya darimu. Padahal Dia (Allah SWT) lebih berhak atas pinjaman itu daripada kamu”.
Orang alim itupun sadar dengan kasus yang menimpa dirinya, dan bagi dirinya (bahwa istri adalah perhiasan yang dititipkan Allah), ucapan wanita itu sangat bermanfaat.

Astaghfirullah....

Dari kisah yang singkat diatas jika diambil hikmah, mengisyaratkan bahwa Istri dan Anak kita adalah sebagai perhiasan di dunia ini serta semua itu bukan milik kita yang sesungguhnya, karena Allah-lah yang lebih berhak atas semuanya dan Allah-lah yang berkuasa sebagai pemilik alam jagat raya ini.

2 komentar:

  1. SUBHANALLAH....
    "FADZAKKIR INNAMAA ANTA MUDZAKKIR"

    DAN INGATLAH BAHWA KALIAN ADALAH SEBAGAI PENGINGAT.

    KALIAN YG DIMAKSUD ADALAH SELURUH MUSLIM TANPA KECUALI

    SO, SEORANG WANITA BIASA BOLEH DAN SAH2 AJA NGONGETIN SANG KYAI

    TERMASUK KYAI MBELLINK...HEHEHE
    KAN GICU OM WIEDIE

    BalasHapus
  2. EMANG KLO KETURUNAN WALI GAYANYA BEDA BANGET....

    NASI JAMBLANGNYA LAGIE DONK

    BalasHapus