Mereview Kembali Visi Misi Organisasi

TUGAS INDIVIDU
MATA KULIAH : Manajemen Strategik

MEREVIEW KEMBALI VISI DAN MISI
PERUM PEGADAIAN


Nama dosen : Kusnendar, M.Sc.


DI KERJAKAN OLEH :

WIDI HARTANTA, SE
(NRP:207.52.054)


UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN“ JAKARTA
PROGRAM PASCA SARJANA
MAGISTER MANAJEMEN
2008





Mereview kembali visi misi organisasi
Setiap organisasi, apapun jenisnya baik organisasi non profit maupun organisasi yang mencari keuntungan memiliki visi misi yang menjadi ruh dalam setiap aktivitas organisasi tersebut. Dari visi misi organisasi ini di turunkan menjadi kumpulan action organisasi. Set of action itulah yang diukur dalam indikator untuk mendapatkan kinerja organisasi secara keseluruhan.
Visi misi organisasi menjawab beberapa pertanyaan penting seperti: mengapa organisasi tersebut ada ? Siapa yang memerlukan organisasi ini ? Apa yang bisa diberikan organisasi kepada stakeholder ? Apa yang membuat organisasi ini berbeda dengan organisasi yang sejenis ? Pernyataan visi misi organisasi haruslah jelas, tidak terlalu abstrak serta mudah di mengerti. Visi misi menjelaskan role organisasi. Pernyataan visi misi organisasi harus luas untuk perkembangan dan pertumbuhan organisasi namun cukup untuk membuat jalannya organisasi tetap fokus dan terkendali.
Sering kali pernyataan visi misi organisasi kurang tepat menggambarkan tujuan organisasi sehingga sering di jumpai adanya kesulitan pada saat melakukan deploy visi misi menjadi set of action yang akan digunakan untuk mengukur kinerja organisasi dengan menggunakan metode balance scorecard.
Visi
Visi pada hakekatnya adalah model masa depan organisasi yang menjadi komitmen dan milik bersama seluruh anggota organisasi. Rumusan visi merupakan kristalisasi dari rumusan tugas satuan organisasi. Visi juga diartikan sebagai cara pandang jauh kedepan atau gambaran (dream) yang menantang (ideal) tentang keadaan masa depan kemana dan bagaimana organisasi diarahkan agar dapat secara konsisten dan tetap eksis, antisipatif, inovatif serta berisi cita-cita dan citra yang ingin diwujudkan.
Visi menggambarkan tujuan atau kondisi dimasa depan yang ingin dicapai. Visi memberikan gambaran yang jelas dimasa mendatang yang bisa dilihat oleh customer, stakeholders, dan employee.
Pernyataan visi yang bagus tidak hanya menginspirasikan dan menantang, namun juga sangat berarti sehingga setiap pegawai bisa menghubungkan tugas yang dilakukanya dengan visi. Pernyataan visi harus mampung menjadi inspirasi dalam setiap tindakan yang dilakukan setiap pegawai. Yang paling penting pernyataan visi harus measurable, terukur sehingga setiap pegawai bisa mengetahui apakah tindakan yang dilakukannya dalam rangka mencapai visi organisasi atau tidak.
Visi yang tepat bagi suatu Perusahaan akan menjadi accelerator (pemercepat) kegiatan Perusahaan bersangkutan, meliputi perencanaan stratejik, perencanaan kinerja tahunan, pengelolaan sumber daya, pengembangan indikator kinerja, pengukuran kinerja dan evaluasi pengukuran kinerja perusahaan tersebut. Dengan demikian tujuan perumusan dan penetapan visi organisasi adalah :
Mencerminkan apa yang ingin dicapai sebuah organisasi;
Memberikan arah dan fokus strategi yang jelas;
Menjadi perekat dan menyatukan berbagai gagasan stratejik;
Memiliki orientasi masa depan;
Menumbuhkan komitmen seluruh jajaran dalam lingkungan organisasi;
Menjamin kesinambungan kepemimpinan organisasi.
Pernyataan visi yang baik harus memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut:
Succinct
Pernyataan visi harus singkat sehingga tidak lebih dari 3-4 kalimat.
Appealing
Visi harus jelas dan memberikan gambaran tentang masa depan yang akan memberikan semangat pada customer, stakeholder dan pegawai.
Feasible
Visi yang baik harus bisa dicapai dengan resource, energi, waktu. Visi haruslah menyertakan tujuan dan objective yang strecth bagi pegawai.
Meaningful
Pernyataan visi harus bisa menggugah emosi positif pegawai namun tidak boleh menggunakan kata-kata yang mewakili sebuah emosi.
Measurable
Pernyataan visi harus bisa diukur sehingga dimungkinkan untuk melakukan pengukuran kinerja sehingga setiap pegawai bisa mengetahui apakah visi sudah bisa dicapai atau belum. Sebagai contoh visi SCTV “satu untuk semua” yang berarti acara-acara SCTV harus bisa dinikmati semua kalangan, semua umur mulai balita sampai manula, cukup dengan melihat SCTV kebutuhan orang terhadap informasi & hiburan dan lain-lain bisa dipenuhi.
Jawaban pertanyaan “Siapa customer organisasi ini ?” akan menyediakan dasar untuk menentukan visi organisasi. Sedangkan jawaban atas pertanyaan “Kemana organisasi akan pergi ?” harus bisa dijawab oleh visi organisasi.
Template di bawah ini akan bisa digunakan untuk menentukan visi organisasi:
We seek to become
______________________________________________
for (customer)
______________________________________________
Misi
Pernyataan misi yang baik haruslah memenuhi beberapa kriteria seperti berikut:
Simple and Clear
Pernyataan misi harus dicukup diwakili oleh 2-3 pernyataan saja. Semua pernyataan tersebut harus sederhana dan jelas dimengerti serta tidak menggunakan jargon-jargon organisasi.
Broad and long-term in future
Pernyataan misi organisasi harus cukup luas mengakomodasikan perkembangan organisasi di masa mendatang. Misi organisasi harus bisa menunjukan gambaran yang akan dicapai di masa depan dengan jelas. Pernyataan misi organisasi harus tetap valid pada 20 tahun mendatang sama seperti kondisi sekarang.
Focus on the present
Pernyataan misi organisasi tidak boleh terlalu berorientasi pada masa depan sehingga kurang bisa fokus pada kondisi organisasi di masa sekarang.
Easy to understand
Misi organisasi harus mudah dimengerti. Misi yang mudah dimengerti akan memudahkan mengkomunikasikan misi tersebut kepada anggota organisasi, stakeholder.
Gunakan template dibawah ini untuk mengecek kembali misi organisasi. Apakah pernyataan misi organisasi sudah bisa menjawab pertanyaan dibawah ini ?
We exist to (purpose or need)
_______________________________________________
To provide (service or product)
_______________________________________________
for (customers)
_______________________________________________
so that (planned outcomes or benefits)
_______________________________________________

Cek kembali pernyataan misi organisasi anda, apakah sudah memenuhikriteria diatas atau belum. Jika belum mungkin sekarang adalah waktu yang tepat untuk mereview kembali misi organisasi.
Bottom of Form

VISI & MISI PERUM PEGADAIAN

VISI :
PEGADAIAN PADA TAHUN 2010 MENJADI PERUSAHAAN YANG MODERN, DINAMIS DAN INOVATIF DENGAN USAHA UTAMA GADAI

MISI:
IKUT MEMBANTU PROGRAM PEMERINTAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT GOLONGAN MENENGAH KE BAWAH MELALUI KEGIATAN UTAMA BERUPA PENYALURAN KREDIT GADAI DAN MELAKUKAN USAHA LAIN YANG MENGUNTUNGKAN

Perjalanan Misi Perusahaan Perum Pegadaian :

Misi Pegadaian sebagai suatu lembaga yang ikut meningkatkan perekonomian dengan cara memberikan uang pinjaman berdasarkan hukum gadai kepada masyarakat kecil, agar terhindar dari praktek pinjaman uang dengan bunga yang tidak wajar ditegaskan dalam keputusan Menteri Keuangan No. Kep-39/MK/6/1/1971 tanggal 20 Januari 1970 dengan tugas pokok sebagai berikut:
Membina perekonomian rakyat kecil dengan menyalurkan kredit atas dasar hukum gadai kepada :
Para petani, nelayan, pedagang kecil, industri kecil, yang bersifat produktif
Kaum buruh / pegawai negeri yang ekonomi lemah dan bersifat konsumtif
Ikut serta mencegah adanya pemberian pinjaman yang tidak wajar, ijon, pegadaian gelap, dan praktek riba lainnya.
Disamping menyalurkan kredit, maupun usaha-usaha lainnya yang bermanfaat terutama bagi pemerintah dan mayarakat
Membina pola perkreditan supaya benar-benar terarah dan bermanfaat dan bila perlu memperluas daerah operasinya.

Dengan seiring perubahan status perusahaan dari Perjan menjadi Perum pernyataan misi perusahaan dirumuskan kembali dengan pertimbangan jangan sampai misi perusahaan itu justru membatasi ruang gerak perusahaan dan sasaran pasar tidak hanya masyarakat kecil dan golongan menengah saja maka terciptalah misi perusahaan Perum Pegadaian yaitu “ikut membantu program pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat golongan menengah kebawah melalui kegiatan utama berupa penyaluran kredit gadai dan melakukan usaha lain yang menguntungkan”. Bertolak dari misi Pegadaian tersebut dapat dikatakan bahwa sebenarnya Pegadaian adalah sebuah lembaga dibidang keuangan yang mempunyai visi dan misi bagaimana masyarakat mendapat perlakuan dan kesempatan yang adil dalam perekonomian.




Menurut pendapat penulis bahwa Visi Perum Pegadaian dapat direview kembali menjadi sebagai berikut :

“Menjadi badan usaha dengan jasa utama gadai yang tangguh, unggul, mampu bersaing dengan lembaga perkeditan lain, dapat menciptakan usaha lain yang mendukung profit perusahaan serta selalu memberikan pelayanan yang excellent kepada pelanggan”

Adapun alasannya bahwa target tahun 2010 adalah beberapa tahun lagi sedang kondisi perusahaan sudah banyak mengalami perubahan yang positif sehingga jangka waktu yang menjadi impian terlalu singkat, meskipun hal itu merupakan rangkaian waktu yang terukur namun melihat kondisi di lapangan meskipun mengalami berbagai kendala untuk menjadi perusahaan yang modern, inovatif dan dinamis namun manajemen tinggal mencapai hal yang modern saja karena untuk inovatif dan dinamis dengan ditandai banyaknya produk usaha lain selain gadai dan dinamisnya pertumbuhan perusahaan telah dapat dicapai sebelum tahun 2010 yang menyisakan PR hanya modern karena belum lengkapnya sarana teknologi yang ada. Jika dirubah menjadi menjadi “Menjadi badan usaha dengan jasa utama gadai yang tangguh, unggul, mampu bersaing dengan lembaga perkeditan lain, dapat menciptakan usaha lain yang mendukung profit perusahaan serta selalu memberikan pelayanan yang excellent kepada pelanggan” hal ini sangat mengidam idamkan terciptanya badan usaha dengan jasa utama gadai (meskipun tetap melakukan inovasi menghasilkan produk dalam usaha lain yang tidak kalah dalam menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Selain itu keberadaannya sangat diperlukan oleh masyarakat dan pelanggan sehingga Perum pegadaian terus meningkatkan layanan kepada pelanggan dan keberadaannya sangat diperlukan untuk menberikan kredit yang mudah, murah, cepat dan aman. Dengan demikian maka citra perusahaan akan tumbuh dengan sendirinya dan masyarakat dan karyawan akan merasakan keuntungan dengan adanya Perum Pegadaian secara going concern (terus menerus)

Misi Perum Pegadaian oleh penulis dapat direview menjadi :
‘Melaksanakan tata kelola jasa gadai dan usaha lain yang mendukung secara good corporate governace melalui rencana yang terprogram secara berkesinambungan, mensinergikan value etos budaya kerja, sumber daya manusia dan teknologi agar terciptanya pertumbuhan usaha dan profit yang maksimal, serta selalu mengedepankan kepuasan pelanggan”

Component of a mission statement :
Customer
Berorientasi pada pelanggan, ‘Pelanggan adalah raja’ karena bagaimanapun besarnya sebuah perusahaan jika tidak ada pelanggan tidak akan mampu bertahan karena awal dari keberhasilan perusahaan adalah adanya pelanggan.
Product / services
Memiliki produk yang ditawarkan dan menjadi kebutuhan para pelanggan, produk ini dapat dibagai menjadi dua yaitu produk utama dan produk pendukung. Sebuah perusahaan tentu memiliki produk yang telah dijalankan secara profesional sebagai produk utama namun juga tidak menutup kemungkinan berinovasi membuat produk baru untuk mendukung produk utama atau untuk menutupi kelemahan dari produk utama.
Market
Sebuah produk harus dapat diterima oleh pasar atau di repon oleh pasar atau marketable, sehingga terdapat titik temu antara permintaan dan penawaran. Sebuah produk jika tidak marketable akan ditinggalkan oleh pelanggan dan tentunya tidak akan menghasilkan apa-apa. Adanya pasar dan permintaan pelanggan tentunya sebuah perusahaan akan selalu mencari dan mencari serta melakukan inovasi agar produknya selalu mencapai permintaan pasar yang tinggi yang pada akhirnya akan menciptakan produk yang selalu dibutuhkan oleh pelanggan
Technologi
Peran serta perkembangan teknologi harus diikuti oleh perusahaan. Perusahaan harus peduli pada perkembangan teknologi jika tidak mau ketinggalan dengan perkembangan informasi saat ini. Teknologi memerlukan biaya yang sangat tinggi, sehingga perusahaan agar berfikir dapat menerapkan teknologi yang tepat guna artinya teknologi dapat mensuport atau mendukung kegiatan bisnis sehingga dapat menghasilkan outcome dan output yang maksimal.
Survival, growth & profit
Mampu going cocern atau perusahaan selalu tumbuh secara berkesinambungan dan terus melakukan perbaikan-perbaikan usaha untuk menghasilkan laba yang maksimal sehingga mampu bertahan terus menerus.
Philosophy
Adalah hakekatnya keberadaan dari perusahaan, hal ini tentunya telah menjadi kebutuhan bersama dengan adanya perusahaan tentunya menjadi kebutuhan para pelanggan juga. Dengan keberadaan perusahaan tentu harus banyak manfaat yang akan diperoleh baik dari sisi pelanggan, manajemen, pemilik, investor, karyawan, pemerintah dan masyarakat pada umumnya.
Self Consept
Bahwa terdapat pola konsep pemikiran yang mandiri sehingga terlaksana ruang usaha yang baik melalui rencana-rencana baik jangka pendek maupun jangka panjang melalui program kerja untuk mencapai gol yang dinginkan.
Public Image
Perusahaan mampu membuat citra yang baik di mata masyarakat sehingga usaha yang dijalankan perusahaan mendapat dukungan dari masyarakat, apabila citra perusahaan baik maka akan mudah untuk melakukan pertumbuhan produk perusahaan.
Employees
Perusahaan mampu melakukan pemberdayaan terhadap karyawan dan meningkatkan kesejahteraan para karyawan yang bekerja dalam perusahaan. Secara jangka panjang perusahaan mampu tumbuh dan menciptakan lapangan kerja yang baru agar dapat membantu pemerintah dalam bidang penciptaan lapangan kerja untuk kemajuan ekonomi nasional.

2 komentar:

  1. Sippppppppp.....great misionn

    BalasHapus
  2. BOZ,,carane ngasih gambar n burung itu gmn???bagi infox ya
    tenkyu

    BalasHapus