Bedanya menerima SDM yang berkualitas dengan yang tidak berkualitas


Dalam blog ini, sebelumnya telah saya up load tentang topic mengapa atau alasan apa karyawan itu harus mutasi. Bagi perusahaan alasan yang paling mumpuni dan thok cer dalam menjawab mengapa karyawan harus dilakukan mutasi adalah berdasarkan kebutuhan perusahaan. Padahal kebutuhan perusahaan harus didasarkan pada beban kerja dalam unit kerja tertentu dibandingkan dengan kemampuan SDM untuk menyelesaikannya, sehingga bisa jadi terdapat dua unit kerja dengan tingkat pengukuran beban kerja yang sama (misalnya produksi yang dihasilkan sama, kualitas outputnya juga sama, biaya untuk menyelesaikannya juga sama, perlengkapannya juga sama) namun diselesaikan dengan jumlah SDM yang berbeda misalnya di unit kerja A diselesaikan dengan 7 orang sedang di unit kerja B diselesaikan dengan 9 orang. Dari situ akan jelas akan terlihat antara SDM yang berkualitas dengan SDM yang tidak berkualitas, semua sepakat bahwa semakin sedikit orang dengan output yang sama pasti memilih semakin sedikit SDM yang digunakan maka SDM (sumber daya manusianya) yang lebih berkualitas. Dilemanya terdapat dua ciri-ciri seorang manajer jika mendapat SDM yang tidak berkualitas. Jika seorang Manajer mendapat SDM atau anak buah yang berkualitas hampir dapat dipastikan sedikit mereka tidak akan protes, namun jika ditempatkan SDM yang kurang berkualitas ada 2 reaksi :

1. Manajer (atasan) bersikap diam terhadap bagian SDM yang menempatkan karena sadar bawah di perusahaan masih terdapat SDM yang kurang berkualitas sehingga hal itu menjadi tugasnya untuk melakukan pembinaan terhadap SDM yang kurang berkualitas tadi dengan memberikan banyak contoh dan arahan. Manajer seperti inilah yang saya nilai masih jarang
2. Pada umumnya jika ditempatkan SDM yang kurang berkualitas maka cenderung terjadi penolakan yang sering protes ke SDM, minta tambahan tenaga lagi dan menganggap SDM yang tidak berkualitas hanya sebagai pupuk bawang saja, tanpa adanya usaha untuk melakukan pembinaan dan mengoptimalkan.

Anda pilih yang mana?

1 komentar:

  1. Pak Wied izin share ya, untuk teman-teman yang sedang mengalami mutasi ditempat kami bekerja

    BalasHapus